Gambar tema oleh Igniel

PENYEBAB MOTOR TIDAK LANGSAM DAN HARGA TARIF SERVICENYA !!

PENYEBAB MOTOR TIDAK LANGSAM DAN HARGA TARIF SERVICENYA !!

 

 Belakangan ini saya sebagai ojek online merasa malu pasalnya saat membawa penumpang motor saya yang kebetulan adalah motor Yamaha Lexi mengalami kendala, lebih tepatnya motor tidak bisa hidup lewat tombol starter seperti biasanya. Akibatnya penumpang ngambek dan marah. 

Akhirnya saya berinisiatif membawa ke bengkel terdekat di jalan raya. Disinilah saya mulai kecewa karena montir bengkel langsung berasumsi bahwa aki saya soak. Walaupun saya sudah mengatakan lampu dan fitur masih menyala. Sang montir dengan sok taunya mengatakan kalau hanya itu masih bisa nyala. Tapi untuk pengapian tidak akan kuat. Karena saya orang awam dan kesalahan fatal saya adalah kenapa tidak dibawa ke bengkel resmi Yamaha. Jadinya saya ditipu oleh montir asal asalan yang satu ini. 

Saya harus merogoh uang sebesar 350 ribu untuk membeli aki baru. Namun karena ada yang janggal aki lama saya tetap saya bawa pulang.

Setelah aki di ganti memang motor bisa menyala namun masih belum bisa langsam. Yang dimaksud tidak langsam disini adalah kondisi saat kita menyalakan mesin dengan harus menahan grip gas kita selama mungkin. Jika lepas sedikit saja maka mesin akan mati, anda harus mengulang kembali menyalakan mesin lalu menahan grip stang gas berulang kali. Dan itu sangat tidak nyaman, juga memakan waktu. Bayangkan kalau kita lupa menahan grip itu saat macet di tengah jalan. Maka motor kita akan mati di tengah jalan.

Setelah itu saya mengumpulkan uang dari hasil tarikan sebesar 300 ribu untuk jaga jaga jika biaya service mahal. Kemudian saya membawa motor saya ke bengkel resmi yamaha.dan menceritakan keluhan saya.

Dengan ramah pihak bengkel mengatakan ini ada dua kemungkinan


1. Yang pertama handle starter di knopnya kotor dan harus di bersihkan



2 .yang kedua di Reset ISC nya. Yang ini saya tak terlalu mengerti. Namun saat saya lihat montir Yamaha memeriksa motor saya. Dia mengambil bagian katup injektor juga mengecek bagian dalam mesin saya menggunakan komputer atau yang sering di sebut diagnostik tool.disitulah terlihat apa saja yang mengalami kendala melalu scanning.

 

 



    Dan benar saja tidak menunggu terlalu lama, kira kira 25 menit. Mesin saya kembali normal juga starter gas saya sudah langsam lagi. Artinya untuk menghidupkan motor saya cukup menekan tombol starter seperti biasa.

Itulah mengapa kita sebagai orang awam. Lebih baik membawa kendaraan kesayangan kita ke bengkel resmi. Selain original , Penanganannya tepat sasaran.

   Saya juga membiasakan diri bertanya kepada pihak bengkel resmi kira kira berapa biayanya. Atau setidaknya kepada montir agar kita tahu sebenarnya kita mampu bayar atau tidak.

    Alhamdulillah sekali untuk servis ISC ini saya hanya di kenakan biaya 50 ribu saja.

 

Sungguh saya sangat puas dengan tarif dan pelayanan bengkel resmi ketimbang di bengkel pinggir jalan yang sebenarnya kita tau montir montir disana hanya fokus menjual sparepart tanpa tau betul solusinya. Maklum montir di bengkel pinggir jalan bukan mekanik seperti di bengkel resmi yang jelas ada training ya dan punya sertifikasi yang pastinya di akui.

  Semoga bisa membantu buat kalian yang mengalami kejadian serupa.

#otomotif #langsam #yamaha #motor #otobike #lexi #servicemotor #biayaservicemotor #biayaservicekendaraan 


ibeprime
Follow Instagram saya @ibe89 Jika ada pertanyaan atau keluhan Bisa ke email saya ya. Salam kenal semua ya ��

Related Posts

Posting Komentar